Kumpulan Video dan Foto Terbaru

Bagaimana Jaga Tensi Pasien Demensia

Stroke memang penyakit yang sangat membahayakan apalagi kalau penderita tidak bisa menjaga pola makan dan kesehatan tubuh. Pagi ini saya membaca Kompas.com tentang menjaga Tensi pasien demensi, tentang apa itu Demensi kita baca selengkapca salinan dari kompas.com di bawah ini.

Kompas.com - Meski pasien penyakit saraf pada umumnya tidak disarankan untuk berpantang makanan, namun khusus pasien demensia vaskular, penyakit pikun yang disebabkan gangguan pembuluh darah di otak, disarankan untuk menghindari makanan bergaram tinggi karena mereka beresiko tinggi menderita hipertensi.

Menurut dr.Raul Sibarani, Sp.S, penderita demensia vakskuler rentan menderita penyakit hipertensi dan stroke. "Karena itu harus dikontrol faktor risikonya, misalnya makanan tinggai garam, kolesterol dan berlemak,"katanya.

Demensia vaskuler terutama disebabkan serangkaian stroke atau hilangnya pasokan darah ke beberapa bagian otak yang berakibat matinya sebagian jaringan otak. Gangguan tersebut mengakibatkan menurunnya kemampuan mental secara bertahap. Stroke dan demensia vaskuler merupakan konsekuensi dari adanya satu atau beberapa gangguan, seperti tekanan darah tinggi.

Pola makan yang dianjurkan, menurut Raul pada intinya adalah makanan yang sehat dan berimbang. "Yang penting juga adalah, cukup makan dan jangan terlamba karena otak kita sensitif. Kalau kekurangan glukosa, sudah pasti bawaannya itu lemas, tidak bergairah. Jadi harus tepat waktu makannya," paparnya dalam acara seminar awam mengenai demensia di RS MRCCC Siloam, Jakarta.

Pada penderita demensia, lupa menjadi bagian keseharian dalam hidupnya. Pada tahap lanjut demensia memunculkan perubahan tingkah laku yang semakin mengkhawatirkan, sehingga perlu sekali bagi keluarga memahami dengan baik perubahan tingkah laku tersebut dan memunculkan rasa empati dalam merawat.

Dari artikel di atas kiranya bisa menjadi perhatian kita tentang bahaya demensia, jangan lupa tetep jaga tensi anda terutama yang memiliki gejala stroke. karena itu bisa mengancam kesehatan anda. Dan jangan lupa atur pola makan dan istirahat teratur, Kunsultasikan pada dokter keluarga anda apabila semakin parah.

Share This Video


Video Terbaru

Iklan Maks

Artikel Terbaru