Kumpulan Video dan Foto Terbaru

Bagaimana Cara Menanam Jagung Manis Dengan Baik

Jagung manis adalah tanaman yang sangat gampang untuk di pelihara dan jagung manis merupakan tanaman yang memiliki prospek yang sangat bagus. Kita sering melihat banyak pedagang yang menjual jagung ( Terutama Jagung Bakar, Jagung Sayur ) di pinggir-pinggir jalan. Bagaimana Cara Menanam Jagung Manis Dengan Baik?

Sekarang kita perlu tau Bagaimana Cara Menanam Jagung Manis dengan baik dan benar agar hasilnya maksimal. ( Terutama yang ingin mencoba menanam Jagung Manis ) Bagaimana Cara Menanam Jagung Manis Dengan Baik

Menanam Jagung Manis relatif gampang / mudah sekali yang perlu kita lakukan :
  1. Siapkan lahan yang mau kita tanami dengan cara di cangkul sampai halus.
  2. Setelah siap lahan kita barulah ditajuk dengan kedalaman 3 cm, untuk menaruh bibit Jagung.
  3. Jarak antar lubang 20 - 30 cm.
  4. Setiap lubang dimasukkan 1 - 2 butir bibit Jagung Manis. ( Ingat, lubang ditutup dengan tanah halus dan jangan sampai di injak )
  5. Setelah berumur 4 hari bibit tumbuh, pupuklah dengan pupuk yang berimbang ( Urea, Ts dan KCL )
  6. Pada usia 45 hari pupuk lah dengan pupuk yang sama seperti No. 5, setelah itu Jagung dibiarkan walaupun di tumbuhi rerumputan agar tidak mengganggu pembungaan jagung sampai siap panen.
  7. Dalam satu pohon jagung memiliki 1-3 tongkol, untuk menjaga agar buah maksimak dalam satu batang Jagung di tinggalkan 1 tongkol. Sedangkan soleng (buah muda) bisa dipanen dan dijual untuk konsumsi sayur pada umur 50 hari ( dengan menjual Soleng ( Buah muda ) petani bisa menggembalikan sebagian modal biaya tanan dan pupuk sehingga beban bisa kita kurangi ) Selain itu Daun dan batang jagung bisa di jual untuk makanan ternak dan itupun juga bisa mengdapatkan uang yang lumayan. Kalau Soleng dan batang jagung bisa terjual secara maksimal petani bisa mendapatkan untung yang besar dan utuh saat panen jagung manis.
  8. Jika terdapat serangan hama petani bisa berkonsoltasi pada Dinas Pertanian, dan atau bisa menyemprotkan pestisida dengan anjuran dari penyuluh pertanian.
  9. Tanaman Jagung membutuhkan air yang cukup. Hindari genangan air karena bisa mematikan jagung
Dalam satu hektare menghabiskan 200 kg Urea, 100 kg TS, dan 100 kg KCl, untuk dua kali pemupukan. Tetapi, lebih memuaskan dibantu dengan pupuk kandang untuk mengurangi pupuk kimia. Pada kondisi sekarang, jagung muda dapat dipanen pada umur 70 hari. Waktu panen singkat itu ditambah lagi dengan pengolahan yang tidak sulit.

Keterangan Tambahan:
Jagung bisa di panen setelah berumur 70 hari,
Ciri Jagung siap panen : Kelobot (bungkus janggel jagung) berwarna cokelat muda dan kering serta bijinya mengilat. Setelah dipanen, jagung dipipil dan dikeringkan hingga kadar air 15%, sebaiknya dipanen saat jagung sudah benar-benar kering. Jagung pun siap dijual dengan hasil yang layak.

Nah dari langkah-langkah di atas kiranya kita dapat mempraktekan agar Jagung Manis dapat tumbuh dengan baik dan menghasilkan buah yang bagus. Bagaimana Cara Menanam Jagung Manis Dengan Baik

Share This Video


Video Terbaru

Iklan Maks

Artikel Terbaru